Fungsi Seni Tari

  • Tari Pertunjukan, yakni tarian yang dipersiapkan dengan matang untuk dipentaskan. Tarian ini menekankan pada sisi koreografi artistik, konsep dan ide yang matang, serta tema dan tujuan yang terstruktur.
  • Tari Upacara, yakni tarian yang dilakukan dalam upacara adat maupun keagamaan. Tarian ini menitik beratkan ada kekhidmatan dan juga komunikasi pada sang pencipta.
  • Tari Hiburan, yakni tarian yang dimainkan hanya untuk menghibur penontonnya saja. Tarian ini biasanya menggunakan iringan musik dengan irama yang enak didengar sehingga mampu menhilangkan jenuh.
  • Tari Pergaulan, yakni tarian yang dilakukan untuk saling berinteraksi dan berkesenian bersama. Tarian ini bersifat ceria dan lincah serta bersifat komunikatif, sehingga mampu memberikan interaksi atau timbal balik.
  • Tari Kesenian, yakni tarian yang dipertunjukkan untuk melestarikan budaya dan menghargai warisan budaya tradisional. Tarian ini hanya dipentaskan pada acara-acara kebudayaan saja.
  •  
Nah, itulah tadi penjelasan tentang pengertian seni tari, unsur jenis dan fungsi dan contohnya. Pada dasarnya seni tari memiliki pesan yang disamaikan terhada penontonnya. Hanya saja terkadang kita kurang memahaminya. Sehingga kita hanya menikmati gerakan dan musiknya saja tanpa berhasil menangkap rasa yang disampaikan dalam tariannya. Semoga artikel tentang pengertian seni tari, unsur jenis dan fungsi dan contohnya dapat mengedukasi kita semua tentang tari dan segala seluk beluknya.

sumber:http://kliping.co/pengertian-seni-tari-unsur-jenis-fungsi/
Fungsi Seni Tari Fungsi Seni Tari Reviewed by lisalisamelia on 04.27 Rating: 5

Tidak ada komentar